Efek Blog
ANDI SUPRIANTO: MACAM-MACAM CABANG OLAHRAGA

Kamis, 06 Agustus 2015

MACAM-MACAM CABANG OLAHRAGA

Cabang olahraga atletik sudah dikenal masyarakat sejak ribuan tahun lalu dan hingga kini olahraga ini masih disukai banyak orang, salah satu dari cabang itu adalah lari. Hampir semua kalangan menyukai olahraga yang satu ini, walaupun pada umumnya atau sebagian besar dari mereka menyukai olahraga ini semata-mata untuk kesenangan atau menjaga kebugaran dan kesehatan fisik. Misalnya olahraga lari biasa dilakukan pada pagi hari terutama di hari libur.
Untuk mengetahui lebih jauh mengenai olahraga ini, mari kita lihat lebih dulu asal kata atletik. Pengertian Atletik adalah asal kata dari ‘Athlon’ bahasa Yunani yang berarti Kontes, pertandingan atau perlombaan. Kata atletik akhirnya menjadi nama dari gabungan beberapa jenis olahraga yang ada didalamnya. Adapun macam-macam olahraga cabang atletik secara garis besar dikelompokkan dalam olahraga Lari, Lompat dan Lempar sebagai induk. Sedangkan masing-masing induk terdiri dari beberapa anak cabang olahraga.
Cabang olahraga atletik sudah diperlombakan sejak tahun 776 sebelum masehi dan merupakan Olimpiade pertama dalam sejarah olahraga atletik. Pada waktu itu yang diperlombakan hanya cabang lari atau stade. Namun selanjutnya di era Eropa klasik atau pada sekitar tahun 6 sebelum masehi, ada beberapa jenis pertandingan sekaligus menjadi cikal bakan cabang atletik yang ada saat ini seperti Panhellenik Games The Pythian Game yang digelar di Argolid setiap dua tahun
Berikut ini pembagian olahraga cabang atletik :
 1. LARI
Lari termasuk cabang atletik paling disukai banyak orang, bahkan hampir semua orang melakukannya walaupun tanpa sengaja, misalnya berlari, berjalan cepat sudah termasuk salah satu kegiatan yang terdapat dalam cabang ini.
Lari dibagi menjadi beberaa macam yaitu :
  • Jarak pendek
  • Jarak Menengah
  • jarak Jauh.
  • Halang Rintang
  • Estafet
2. LEMPAR
Lempar terdiri dari beberapa macam yaitu :
  • Lempar cakram
  • Lempar Lembing
 3. LOMPAT
Lompat terdiri dari beberapa macam yaitu :
  • Lompat Jauh
  • Lompat tinggi
  • Lompat Galah
Dari macam-macam olahraga cabang atletik diatas hanya penjelasan secara umum untuk lebih jelasnya terkait masing masing-masing cabang seperti lari, lompat dan lempar bisa dibaca pada artikel laindisini. Bagi yang menyukai permainan atau olahraga voli bisa baca : teknik dasar permainan bola voli, termasuk cara melakukan dari masing-masing teknik didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://www.cursors-4u.com/cursor/2011/12/25/flashy-mistletoe.html